Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN ANTENATAL CARE BIDAN DELIMA DAN BUKAN BIDAN DELIMA DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2010


Rohmah, Fathiyatur and Syaifudin, Syaifudin (2010) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN ANTENATAL CARE BIDAN DELIMA DAN BUKAN BIDAN DELIMA DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2010. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JURNAL FATHIYA REVISI.pdf

Download (135kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Permintaan masyarakat terhadap peran aktif bidan dalam memberikan pelayanan terus meningkat dari tahun ke tahun. Bidan Praktik Swasta (BPS) merupakan salah satu unit pelayanan public dalam bidang pelayanan kesehatan. Bidan delima merupakan program strategis dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Kehamilan bagi perempuan merupakan pengalaman yang diharapkan dan dapat dialami lebih dari 1 kali dalam hidupnya. Antenatal care berkualitas yang disediakan oleh Bidan Delima memungkinkan adanya kontak atau kunjugan ulang antara bidan dan kliennya sehingga diharapkan pasien memperoleh penagalaman dan dapat menilai pelayanan bidan secara lebih menyeluruh. Tujuan dilakukanny penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan antenatal pada Bidan Delima dan bukan Bidan Delima di kota Yogyakarta tahun 2010. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan cross sectional. Metode pengambilan sampel adalah dengan accidental sampling dan instrument yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh pasien. Jumlah responden adalah sebanyak 60 orang pasien yang memeriksakan kehamilannya di 12 BPS yang terbagi menjadi 6 Bidan Delima, dan 6 bukan Bidan Delima. Analisa data dilakukan dengan T-test. Hasil penelitian dan analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan antenatal di Bidan Delima di kota Yogyakarta tahun 2010 rata-rata 2,63 atau dalam kategori puas. Sedangkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan antenatal di Bidan non Delima rata-rata 2,01 atau dalam kategori tidak puas. Terdapat perbedaan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan antenatal di Bidan Delima dan bukan Bidan Delima di kota Yogyakartatahun 2010. Saran yang dapat diberikan adalah kepada Bidan non Delima untuk meningkat menjadi Bidan Delima sehingga Bidan dapat meningkatkan kualitas pelayanannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Syaifuddin Penguji 2 : Asri Hidayat
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 24 Nov 2015 01:38
Last Modified: 02 Jan 2018 06:00
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1649

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA