Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Hubungan Tingkat Kepuasan Mengikuti Pembelajaran Tutorial dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan Kehamilan pada Mahasiswa Program Studi DIV Bidan Pendidik STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta


SURYANI, Rini and Mufdlilah, Mufdlilah (2011) Hubungan Tingkat Kepuasan Mengikuti Pembelajaran Tutorial dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan Kehamilan pada Mahasiswa Program Studi DIV Bidan Pendidik STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI RINI SURYANI_201010104189.pdf

Download (131kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Indikator dari mutu pendidikan adalah hasil belajar. Hasil belajar merupakan gambaran dari tingkat ketercapaian tujuan dan penguasaan atas isi dari apa yang dipelajari. Sesuai dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), pada pasal 58 ayat 1 menyebutkan bahwa penilaian hasil belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Berdasarkan studi pendahuluan didapatkan bahwa 92% mahasiswa mendapatkan nilai C untuk mata kuliah asuhan kebidanan kehamilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan mengikuti pembelajaran tutorial dengan hasil belajar asuhan kebidanan kehamilan pada mahasiswa program studi DIV bidan pendidik STIKES ‘Aisyiyah Yogyakata. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian observasional korelasi dengan pendekatan waktu retrospektif. Subjek penelitian adalah mahasiswa DIV Bidan Pendidik program reguler. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan jumlah responden 111 orang. Pengambilan data dilakukan dengan kuisioner. Analisa data menggunakan Kendal Tau. Hasil penelitian didapatkan bahwa 63,9% merasa sangat puas dengan pembelajaran tutorial. Hasil belajar responden didapatkan bahwa 99,1% mendapatkan nilai memuaskan, dan ada hubungan yang bermakna antara tingkat kepuasan mengikuti pembelajaran tutorial dengan hasil belajar asuhan kebidanan kehamilan. Saran bagi Hasil penelitian ini agar dapat dijadikan masukan bagi institusi untuk selalu mengembangkan dan meningkatkan sistem dan strategi pembelajaran kepada mahasiswanya sehingga mahasiswa bisa mengikuti pembelajaran dengan menyenangkan sehingga mendapatkan hasil belajar yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Mufdlilah Penguji 2 : Warsiti
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 23 Nov 2015 02:15
Last Modified: 30 Dec 2017 06:13
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1608

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA