Wulandari, Reni Dwi and Khusnal, Ery (2015) Pengaruh Permainan Cerita Bergambar terhadap Perkembangan Bahasa dan Motorik Halus Anak Prasekolah di TK Pertiwi 55 Kasihan Bantul Yogyakarta. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.
Text
JURNAL (RENI DWI WULANDARI 201110201046).pdf Download (282kB) |
Abstract
Latar Belakang : Perkembangan motorik halus dan perkembangan bahasa pada anak prasekolah sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengeksplore lingkungan sehingga diperlukan stimulasi pada masa periode keemasan anak (1-5 tahun) untuk mendukung proses tumbuh kembang anak. Permainan adalah aktivitas dari anak yang berfungsi untuk membantu perkembangan sensorik, motorik dan kognitif anak. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh permainan cerita bergambar terhadap perkembangan bahasa dan motorik halus. Permainan cerita bergambar merupakan kegiatan yang dapat diberikan kepada anak untuk stimulasi perkembangan bahasa dan motorik halus. Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah Quasi experiment dengan rancangan Nonequivalent control group pretest – postest design. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dengan populasi 42 anak. pengambilan sampel menggunakan tehnik sampling random yaitu 36 anak. Uji normalitas menggunakan Shapiro wilk. Analisa data menggunakan Mann Whiney U test. Hasil : Hasil uji Mann Whiney U Test pada perkembangan bahasa dengan nilai signifikan 0,01 (P<0,05), dan perkembangan motorik halus dengan nilai 0,061 (p>0,05) dapat disimpulkan permainan cerita bergambar berpengaruh terhadap perkembangan bahasa dan tidak berpengaruh pada perkembangan motorik halus anak prasekolah. Kesimpulan : permainan cerita bergambar berpengaruh terhadap perkembangan bahasa namun tidak berpengaruh terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah di TK Pertiwi55 Kasihan, Bantul Saran : saran bagi orang tua yaitu orang tua dapat menerapkan metode stimulasi yang tepat dan efektif dalam mengoptimalkan perkembangan anak, khususnya perkembangan bahasa dan motorik halus dan saran untuk guru TK Pertiwi 55 harus menggunakan metode permainan yang edukatif bagi anak. Kata kunci : Permainan Cerita bergambar,perkemban
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Penguji 1 : Ery Khusnal Penguji 2 : Yuni Purwati |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 01:57 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 02:19 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/148 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year