Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Hubungan Intensitas Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook dengan Prestasi Belajar pada Siswa dan Siswi Kelas VII di SMP Muhammadiyah Imogiri Bantul


Riyana, Winda and Syaifudin, Syaifudin (2014) Hubungan Intensitas Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook dengan Prestasi Belajar pada Siswa dan Siswi Kelas VII di SMP Muhammadiyah Imogiri Bantul. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
WINDA RIYANI_201310104385_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (598kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar Belakang Masalah : Sebanyak 53% dari kalangan remaja mengakses internet, sebanyak 19% mengakses via telepon seluler. Sebagian besar pengguna berusia 15-39 tahun. Tahun 2013 mengalami peningkatan 107.699.308 pengguna facebook.Sehari mereka mengakses facebook kurang lebih 2-3 jam. Sedangkan dalam hal prestasi belajar, mereka merasa sedih dan malu jika mendapatkan nilai semester yang rendah. Menurut data tahun 2013 nilai semester 1 ada yang mendapatkan nilai rendah dan tinggi. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan situs jejaring sosial facebook dengan prestasi belajar pada siswa dan siswi Kelas VII di SMP Muhammadiyah Imogiri Bantul tahun 2014. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunkan teknik total sampling dengan jumlah sampel 137 siswa. Analisa data menggunakan Kendall Tau. . Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan intensitas penggunaan situs jejaring sosial facebook mayoritas sedang dan memiliki prestasi belajar sedang sebanyak 70 siswi (51,1%), dengan diperoleh bahwa koefisien korelasi Kendall Tau sebesar 0,807, dan nilai signifikan (p) adalah 0,000. (p<0,05) Kesimpulan: Terdapat hubungan intensitas penggunaan situs jejaring sosial facebook terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Imogiri Bantul Saran : Hendaknya guru mengawasi penggunaan handphone dalam sekolah atau kelas saat pelajaran Kata Kunci : Intensitas Facebook, Prestasi Belajar Kepustakaan : 30 buku, 6 Jurnal, 5 Skripsi Jumlah Halaman : 72 halaman, 7 tabel, 11 lampiran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1: Syaifudin Penguji 2: Fitria Siswi Utami
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 10 Nov 2015 06:14
Last Modified: 02 Jan 2018 04:50
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1293

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA