Nurhasanah, Nurhasanah and Ismarwati, Ismarwati (2015) Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi dengan Perkembangan otorik Anak Usia 1-3 Tahun di Posyandu Teratai I Desa Bangunjiwi Tahun 2015. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.
Text
Naskah Publikasi Nurhasanah.pdf Download (508kB) |
Abstract
Latar belakang:Masa kanak-kanak awal merupakan masa pemenuhan aktivitas mandiri anak dengan pergerakannya. Hal ini didukung oleh perkembangan motorik. Perkembangan motorik didukung oleh stimulasi yang diberikan. Ibu memiliki peran yang besar dalam pemberian stimulasi. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan yang baik dalam pemberian stimulasi perkembangan anak. Tujuan: untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan perkembangan motorik anak usia 1-3 tahun di Posyandu teratai I Desa Bangunjiwo Tahun 2015. Metode: survey analitik dengan pendekatan waktu cross sectional.Tehnik pengambilan sampel menggunakanSampling jenuh. Alat yang digunakan adalah kuisioner dan KPSP. Analisa data menggunakanChi Square. Hasil penelitian: pengetahuan ibu tentang stimulasi baik sebanyak 24responden (50%), dan perkembangan motorik anak perkembangan motorik sesuai dengan usia sebanyak 44anak (91,7%). Hasil uji analisis Chi Squaredengan nilai sig (2-tailed) = 0.023<?-value(0.05). simpulan: terdapat hubungan yang signifikan tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan perkembangan motorik anak usia 1-3 tahun
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Penguji 1: Yuni Purwanti Penguji 2: Ismarwati |
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 21 Oct 2015 02:08 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 06:58 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/113 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year