Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Hubungan Pembelajaran Metode Tutorial dengan Partisipasi dan Kemandirian Mahasiswa D III Kebidanan Semester II di STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2014


Fitriana, Novia and Syaifudin, Syaifudin (2014) Hubungan Pembelajaran Metode Tutorial dengan Partisipasi dan Kemandirian Mahasiswa D III Kebidanan Semester II di STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2014. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Naskah Publikasi.pdf

Download (712kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

INTISARI Latar Belakang: Saat ini, perguruan tinggi dituntut mengembangkan pembelajaran yang tidak lagi berorientasi materi tetapi haruslah berorientasi pada kompetensi. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan berorientasi kompetensi yaitu model pembelajaran berbasis masalah (PBL).Keberhasilan PBL bertumpu pada proses tutorial. Tujuan: Mengetahui hubungan pembelajaran metode tutorial dengan partisipasi dan kemandirian mahasiswa D III Kebidanan semester dua di STIKES AisyiyahYogyakarta tahun 2014. Metode: Penelitian ini menggunakan desain survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini yaitu 180 mahasiswa D III Kebidanan semester dua. Teknik sampel menggunakan total sampling dan sesuai dengan criteria inklusi, sehingga diperoleh 161 responden.Metode pengumpulan data melalui angket dan dianalisis menggunakan statistic korelasi spearman rank. Hasil: Hasil uji statistic Spearman Rank hubungan pembelajaran metode tutorial dengan partisipasi mahasiswa diperoleh nilai koefisiensi sebesar 0,944 dengan nilai ? 0,006, hubungan pembelajaran metode tutorial dengan kemandirian didapatkan nilai koefisiensi sebesar 0,717 dengan nilai ? 0,029. Kesimpulan: Ada hubungan antara pembelajaran metode tutorial dengan partisipasi dan kemandirian belajar mahasiswa dengan interpretasi kekuatan hubungan dalam kategori signifikan Saran: Penelitian ini dapat dijadikan masukan saat mengikuti pembelajaran tutorial agar lebih aktif dan lebih mandiri Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Tutorial, Partisipasi, Kemandirian Kepustakaan : 24 Buku (2002-2011), 8 jurnal (2006-2013), 7 website Jumlah Halaman : xi, 83 halaman, 2 gambar, 7 tabel, 11 lampiran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1: Syaifudin
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 06 Nov 2015 04:58
Last Modified: 27 Dec 2017 06:03
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1122

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA