Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan pembelajaran Tutorial pada mahasiswa Semester II Diploma IV Bidan Pendidik Kelas Reguler STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta


Susandi, Mar Atun Khasanah and Ruhyana, Ruhyana (2014) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan pembelajaran Tutorial pada mahasiswa Semester II Diploma IV Bidan Pendidik Kelas Reguler STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MAR ATUN KHASANAH SUSANDI_201310104170_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (347kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

INTISARI Mar Atun Khasanah Susandi,2 Ruhyana.3 Latar belakang : Salah satu metode pembelajaran yang diselenggarakan pada program Bidan Pendidik STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta adalah tutorial yang menuntut mahasiswa mampu berbicara di depan banyak orang. Namun dalam prakteknya, banyak aspek yang menjadi kendala bagi mahasiswa antara lain kepercayaan diri, manajemen waktu, dan motivasi belajar. Tujuan : untuk mengetahui hubungan antara faktor; kepercayaan diri, manajemen waktu, motivasi belajar dengan keberhasilan pembelajaran tutorial pada mahasiswa semester II diploma IV bidan pendidik kelas regular STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta tahun 2014 Metode : Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan pendekatan waktu cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 33 mahasiswa, menggunakan proportionate random sampling. Analisis data menggunakan korelasi Spearman Rank. Hasil : Menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara faktor; kepercayaan diri, manajemen waktu, dan motivasi belajar dengan keberhasilan pembelajaran tutorial yang dibuktikan nilai probabilitas Spearman rank hitung kepercayaan diri sebasar 0,003< 0,05 (?=5%), manajemen waktu sebesar 0,008 < 0,05(?=5%),dan motivasi belajar sebesar 0,007 < 0,05 (?=5%). Kesimpulan : Terdapat hubungan antara faktor; kepercayaan diri, manajemen waktu, dan motivasi belajar dengan keberhasilan pembelajran tutorial. Saran : Diharapkan mahasiswa dapat selalu mempertahankan kepercayaan diri, manajemen waktu, dan motivasi belajar dalam pembelajaran tutorial sehingga dapat menjadi bekal sampai mahasiswa bekerja Kata Kunci : Tutorial, Diploma IV Bidan Pendidik, Mahasiswa Kepustakaan : 44 Buku (2003-2013), 6 Jurnal (2006-2010), 7 Website Jumlah Halaman : xv, 83 Halaman, tabel 1-14, gambar 1-4

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1: Ruhyana Penguji 2: Evi Nurhidayati
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 05 Nov 2015 08:36
Last Modified: 02 Jan 2018 04:41
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA