Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Oleh Kelompok sebaya (Peer Group) terhadap Kesiapan Menghadapi Menarche pada Siswi Kelas V di SD Muhammadiyah Pringgokusuman Yogyakarta


Riyani, Bina and Isnaeni, Yuli (2011) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Oleh Kelompok sebaya (Peer Group) terhadap Kesiapan Menghadapi Menarche pada Siswi Kelas V di SD Muhammadiyah Pringgokusuman Yogyakarta. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (442kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Menarche merupakan menstruasi pertama yang biasa terjadi dalam rentang usia 10-16 tahun. Menarche pada remaja putri dapat menimbulkan kecemasan, ini disebabkan oleh kesiapan mental, kurang memiliki pengetahuan dan sikap yang cukup baik tentang perubahan-perubahan fisik dan psikologis terkait menarche, dan kurangnya pengetahuan tentang perawatan diri yang diperlukan saat menstruasi. Tujuan: Diketahuinya Pengaruh Pendidikan Kesehatan oleh (Peer Group) terhadap kesiapan menghadapi menarche siswi kelas V di SD Muhammadiyah Pringgokusuman Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Metode: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra Eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-posttest Design. Populasi adalah siswa-siswi SD Muhammadiyah Pringgokusuman Yogyakarta, total sampel sebanyak 11 responden. Uji statistik menggunakan Uji paired t-test. Hasil: Terdapat perbedaan kesiapan menghadapi menarche sebelum diberikan pendidikan kesehatan tentang menstruasi dan setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang menstruasi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa thitung= 4,183, dengan nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,002. Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan oleh (Peer Group) terhadap kesiapan menghadapi menarche siswi kelas V di SD Muhammadiyah Pringgokusuman Yogyakarta. Saran: Saran bagi siswi SD kelas V di SD Muhammadiyah Yohyakarta agar dapat menggunakan metode Peer Group sebagai cara alternatif untuk meningkatkan kesiapan menghadapi menarche. Kata Kunci : Pendidikan kesehatan, Kelompok Sebaya , Menarche Kepustakaan : 30 buku, 3 jurnal, 1 Skripsi Jumlah halaman : 68 halaman, 5 tabel, 4 gambar, 17 lampiran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Yuli Isnaeni Penguji 2 : Sarwinanti
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 04 Nov 2015 06:54
Last Modified: 02 Jan 2018 04:50
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1003

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA