Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pembelian produk make up pada mahasiswa di Yogyakarta


Tri Ulvi Khoirotul M, 1910801071 and Zahro Varisna Rohmadani, S.Psi., M.Psi., Psi and Annisa Warastri, S.Psi., M.Psi., Psikolog (2023) Hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pembelian produk make up pada mahasiswa di Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI_TRI ULVI KHOIROTUL M_1910801071 - Tri Ulvi Khoirotul M.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Perilaku konsumtif adalah perilaku individu yang tidak dapat menahan keinginannya untuk membeli barang tanpa melihat fungsi utama dari barang tersebut, sehingga akan cenderung membeli barang berdasarkan keinginan dari pada kebutuhan. Salah satu faktor yang menjadi penyebab adalah gaya hidup hedonis yang dimana termasuk pola hidup yang aktivitasnya cenderung untuk lebih memilih hidup yang mewah dan enak. Salah satunya terjadi pada mahasiswa yang mulai terbiasa mengikuti gaya hidup yang hedonis dan berperilaku konsumtif dalam pembelian produk-produk kosmetik diantaranya make up, mereka membeli hanya untuk memenuhi kebutuhan dianggap menyenangkan, sehingga akan cenderung boros dengan menghabiskan uangnya untuk membeli suatu produk barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pembelian produk make up pada mahasiswa di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang menggunakan make up dan sedang menempuh pendidikan di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Purposive sampling. Pengambilan data menggunakan skala likert dan dianalisis menggunakan pearson correlation product moment. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif. Hasil analisis product moment dengan taraf signifikansi P = 0,000 (P< 0,05) dengan koefisien korelasi 0,846 yang artinya terdapat hubungan positif yang kuat antara kedua variabel. Maka dapat dikatakan bahwa semakin tinggi gaya hidup hedonis maka semakin tinggi pula perilaku konsumtif dalam pembelian produk make up pada mahasiswa di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty Economics, Social Sciences, and Humanities > School of Psychology
Depositing User: Dita Rachmawati
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:46
Last Modified: 25 Apr 2024 07:46
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/7084

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA