Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Pengaruh consumer online rating dan review terhadap keputusan pembelian pada pengguna marketplace tiktok shop


Dewi Puspita Sari, 1910601024 and Era Agustina Yamini, SE,M.Sc and Fitri Maulidah Rahmawati, SE,M.Si (2023) Pengaruh consumer online rating dan review terhadap keputusan pembelian pada pengguna marketplace tiktok shop. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
Jurnal Dewi Puspita Sari - Dewi Puspita sari.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Pada saat ini berbelanja melalui marketplace merupakan suatu hal yang umum, selain memudahkan, konsumen juga dihadapkan pada banyak pilihan dan banyak informasi yang berbeda dari penjualnya. Konsumen tidak dapat menyentuh dan merasakan produk tersebut. Hal ini seringkali memunculkan keraguan dibenak konsumen, sehingga butuh usaha untuk membangun kepercayaan konsumen. Oleh sebab itu konsumen berusaha memperoleh informasi melalui review dan rating yang tersedia di berbagai platform online. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh consumer online rating dan review terhadap keputusan pembelian pada pengguna marketplace Tiktok Shop. Metode Penelitian : Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner pada masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta yang pernah melakukan transaksi online pada marketplace TikTok shop yang berjumlah 184 responden. Prosedur pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probabilitay dengan teknik purposive sampling. Hasil Penelitian : Hasil yang diperoleh setelah analisis data secara persial Consumer Online Rating (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Kemudian Review (X2) memiliki pengaruh positif dn signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Dan secara simultan Consumer Online Rating (X1) dan Review (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian(Y). Hal ini sesuai dengan yang dihipotesiskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty Economics, Social Sciences, and Humanities > School of Management
Depositing User: Dita Rachmawati
Date Deposited: 04 Nov 2023 03:33
Last Modified: 04 Nov 2023 03:33
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/7057

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA