Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Pengaruh sistem pembelajaran online di era Covid-19 terhadap hasil pembelajaran praktek klinikdasar mahasiswa D4 keperawatan anestesiologi angkatan 2020 universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta


Prika Mella Dewanti, 1911604003 and Muhaji, S.Kep., Ners., M.Si., M.Tr.Kep and Joko Murdiyanto, Sp.An.MPH (2023) Pengaruh sistem pembelajaran online di era Covid-19 terhadap hasil pembelajaran praktek klinikdasar mahasiswa D4 keperawatan anestesiologi angkatan 2020 universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
NASPUB_PRIKA MELLA D_1911604003_Anestesiologi - Prika Mella Dewanti.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://digilib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Latar belakang: Hasil pembelajaran yaitu suatu perolehan nilai yang di dapatkan setelah mahasiswa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan rentang waktu tertentu. Hasil pembelajaran dapat menjadi tolak ukur kemampuan untuk memperoleh tujuan belajar. Faktor yang mempengaruhi hasil pembelajaran terbagi atas faktor internal yang berasal dari dalam diri mahasiswa dan faktor eksternal yang berasal dari luar diri mahasiswa seperti keluarga, lingkungan dan perguruan tinggi. Pada penelitian ini faktor eksternal yang di maksud yaitu sistem pembelajaran online. Tujuan: Untuk menjelaskan Pengaruh Sistem Pembelajaran Online di Era Covid-19 Terhadap Hasil Pembelajaran Praktik Klinik Dasar Mahasiswa D4 Keperawatan Anestesiologi Angkatan 2020 Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Metode penelitian: Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Jumlah sampel yaitu 59 mahasiswa. Teknik pengambilan data kuesioner melalui google form dan dokumentasi berupa nilai akhir hasil pembelajaran praktik klinik dasar mahasiswa keperawatan anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta angkatan 2020. Teknik analisa data menggunakan uji deskripsi variabel penelitian, uji asusmsi klasik, analisis regresi linier sederhana, dan uji hipotesis secara parsial. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada sistem pembelajaran online terhadap hasil pembelajaran sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, ini berarti bahwa faktor ekternal memiliki pengaruh yang penting dalam meningkatkan hasil pembelajaran. Simpulan: Mahasiswa perlu mengoptimalkan belajarnya supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Saran: Berikutnya Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta bisa memberlakukan sistem pembelajaran online untuk kedepannya dan dapat memantau mahasiswa pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Admin Mr. Admin
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:40
Last Modified: 31 Oct 2023 02:40
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/6955

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA