Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Hubungan kontrol diri dengan kecanduan mobile game online pada remaja: literature review


Edtincia Helen Puspa Kirain, 1810201102 and Deasti Nurmaguphita, M.Kep.Sp.Kep.J and Slamet Riyanto, S.Kep., Ns (2023) Hubungan kontrol diri dengan kecanduan mobile game online pada remaja: literature review. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI EDTINCIA HELEN PUSPA KIRANA 1810201102 - Edtincia Helen.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://digilib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Prevalensi penggunaan internet di Indonesia sebanyak 34,9%. Sedangkan prevalensi pengguna game online di Indonesia sebesar 10,1%. Hingga saat ini angka penggunaan baik internet maupun game online terus meningkat meskipun tidak merata di beberapa wilayah di Indonesia Tujuan: Tujuan dari penelitian ini ialah Untuk mengetahui hubungan kontrol diri dengan kecanduan game online pada remaja Metode: Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan kata kunci berupa metode, simulasi, kesiapsiagaan, bencana dan Gempa Bumi. Pencarian jurnal menggunakan dua database yaitu Google Scholar dan PubMed. Analisis data menggunakan seleksi literature (PRISMA) dengan kriteria inklusi naskah full text yang dapat diakses secara dalam rentang tahun terbit sejak 1 Januari 2018 sampai 1 Maret 2023 merupakan jurnal Nasional maupun Internasional. Setelah itu dilakukan penilaian kualitas kelayakan menggunakan JBI Critical appraisal. Hasil: Hasil analisis didapatkan nasional dan internasional yang seluruhnya sudah teridentifikasi nomor ISSN pada LIPI dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian tersebut untuk mengeksplorasi faktor – faktor dalam hal aktivitas waktu luang, pengendalian diri, dan kualitas hubungan orang tua, sebanyak 1 jurnal. Selanjutnya untuk menentukan pola penggunaan Internet, game, dan ponsel cerdas anak-anak dan remaja, sebanyak 2 jurnal. Selanjutnya untuk menganalisis efek tidak langsung antara Gaming Disorder dan masalah psikologis dalam kehidupan sehari-hari melalui motif bermain game. Simpulan dan Saran: Diharapkan untuk tetap mengontrol kegiatan bermain game online yang dilakukan. Menggunakan smartphone dan internet, untuk kegiatan positif lainnya seperti memperluas ilmu pengetahuan untuk meningkatkan skill dan bakat yang dimiliki, serta kegiatan positif lainnya yang lebih seru dan tentunya jauh lebih bermanfaat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Lilik Layyina
Date Deposited: 30 Oct 2023 09:35
Last Modified: 30 Oct 2023 09:35
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/6946

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA