Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta


Muhamad Rayhan Danisworo, 1910201125 and Dwi Prihatiningsih, S. Kep., Ns., M.Ng and Widaryati, S.Kep.Ns., M.Kep (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
NASPUB M RAYHAN 1910201125 - Muhamad Rayhan D.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Stres dapat terjadi pada siapapun, termasuk diantaranya pada mahasiswa. Stres akademik merupakan perasaan tertekan yang dialami mahasiswa baik secara fisik maupun emosional, akibat tuntutan akademik untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Penyebab stres akademik muncul karena memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik yang semakin banyak. Tujuan Penelitian : Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik mahasiswa keperawatan tingkat akhir di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta meliputi faktor kondisi fisik, konflik, perilaku, dan lingkungan. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif korelasional. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan tingkat akhir di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta berjumlah 87 responden. Alat dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner Depression Anxiety and Stress (DASS) dan kuesioner faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Analisis data menggunakan uji chi square dengan bantuan software statistik komputer. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres akademik yang dialami mahasiswa keperawatan tingkat akhir, normal (28,7%) stres ringan (17,2%), stres sedang (31%), stres berat (17,2%), dan stres sangat berat (5,7%). Faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap stres akademik yaitu Faktor Perilaku (p=0,00 < 0,05), Faktor konflik (p=0,000 < 0,05), Faktor kondisi fisik (p=0,026 < 0,05), dan Faktor lingkungan (p=0,048 < 0,05). Simpulan dan Saran : Terdapat hubungan antara hubungan faktor perilaku, konflik, kondisi fisik, dan lingkungan terhadap stres akademik mahasiswa. Diharapkan bagi mahasiswa tingkat akhir untuk lebih tenang dan santai dalam menyusun skripsi, menghindari rasa gelisah, mengontrol emosi menjadi lebih tenang agar tidak mengalami stres akademik, menghindari terjadinya konflik dengan dosen atau teman, menjaga kondisi fisik agar tidak mengalami stres akademik, dan diharapkan juga bagi mahasiswa tingkat akhir untuk selalu berada pada lingkungan yang baik yaitu yang lingkungan yang tenang agar ketika berpikir dapat lebih tenang dan fokus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:02
Last Modified: 30 Oct 2023 07:02
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/6933

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA