Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Hubungan Frekuensi Bermain Game Online dengan Pemenuhan Kebutuhan Tidur pada Anak Usia Remaja di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta


Sindhi, Dhita Novellia and Khusnal, Ery (2013) Hubungan Frekuensi Bermain Game Online dengan Pemenuhan Kebutuhan Tidur pada Anak Usia Remaja di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI_DHITA NOVELLIA SINDHI.pdf

Download (571kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar belakang: Tidur merupakan kebutuhan pokok manusia, sehingga mempunyai peran secara fisiologis dan psikologis. Kurangnya pemenuhan kebutuhan tidur remaja disebabkan oleh ketidakmampuan remaja dalam membagi waktu antara sekolah, bersosialisasi, dan bermain. Dalam hal ini remaja akan tidur larut malam dan bangun lebih awal karena tuntutan sekolah, ini berakibat sulit berkonsentrasi serta daya tahan tubuh menurun. Tujuan: Diketahuinya hubungan antara frekuensi bermain game online dengan pemenuhan kebutuhan tidur pada anak usia remaja di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta Metode penelitian: Penelitian non eksperimen dengan jenis penelitian deskriptif analitik yang dilakukan dengan metode pendekatan cross sectional. Instrument menggunakan kuisioner. Sampel penelitian adalah 49 siswa kelas X dan XI di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Analisa data di uji menggunakan Pearson Product Moment. Hasil: Hasil penelitian ini didapatkan nilai p value untuk variabel frekuensi game online 0,000 (p<0,05), variabel pemenuhan kebutuhan tidur 0,000 (p<0,05), dan nilai r=-0,607 sehingga terdapat hubungan antara frekuensi bermain game online dengan pemenuhan kebutuhan tidur pada anak usia remaja di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Simpulan: terdapat hubungan yang bermakna secara statistic antara hubungan frekuensi bermain game online dengan pemenuhan kebutuhan tidur pada anak usia remaja di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Saran:diharapkan siswa dapat mengurangi aktifitas bermain game online,sehingga pemenuhan kebutuhan tidurnya untuk kualitas kesehatan yang optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Ery Khusnal Penguji 2 : Anjarwati
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 30 Oct 2015 02:56
Last Modified: 02 Jan 2018 03:25
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/688

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA