Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Hubungan komunikasi non-verbal dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap pada masa pandemi di rs pku Muhammadiyah Yogyakarta


Ainun Nisa Pungki Astiti, 1810201199 and Ardani, S.Kep., Ns., M.Kep. and Rosiana Nur Imallah, S.Kep.,Ns., M.Kep (2022) Hubungan komunikasi non-verbal dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap pada masa pandemi di rs pku Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
1810201199-S1 KEPERAWATAN-AINUN NISA PUNGKI ASTITI. - Ainun Nisa.pdf

Download (640kB)
Official URL: https://digilib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Keterbatasan perawat dalam melakukan komunikasi non-verbal dengan pasien berdampak pada adanya penurunan kepuasan pasien pada situasi pandemi Covid-19. Pendekatan dalam komunikasi non-verbal sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kepuasan pasien. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan komunikasi non-verbal dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap pada masa pandemi di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Metode: Merupakan penelitian analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakkan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 57 pasien rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik analisa data menggunakkan uji Kendall’s Tau. Instrumen yang digunakan merupakan kuesioner mengenai komunikasi non-verbal dan kuesioner kepuasan pasien berhubungan dengan komunikasi. Hasil: Data hasil penelitian terhadap komunikasi non-verbal perawat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta menyatakan komunikasi non-verbal baik sebanyak 44 responden (77,2%), sangat baik sebanyak 13 responden (22,8%) dan kepuasan pasien puas sebanyak 40 responden (70,2%) kategori sangat puas sebanyak 17 responden (29,8%). Hasil perhitungan statistik menggunakkan uji Kendall’s Tau diperoleh nilai p value 0,013 (<0,05) dan hasil koefisien korelasi sebesar r 0,268. Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi non-verbal dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap pada masa pandemi di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dengan keeratan hubungan cukup. Saran: Diharapkan pihak rumah sakit dapat merencanakan program peningkatan kemampuan komunikasi non-verbal perawat melalui berbagai macam pelatihan agar kepuasan pasien dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Lilik Layyina
Date Deposited: 17 Jun 2023 02:47
Last Modified: 20 Jul 2023 07:30
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/6768

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA