Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Pengaruh Pemenuhan Kebutuhan Spiritual terhadap Kualitas Hidup Pasien Skizofrenia di Ruang Rawat Inap RSJ Grhasia Pemda DIY


Ariyani, Siska and Mamnu’ah, Mamnu’ah (2013) Pengaruh Pemenuhan Kebutuhan Spiritual terhadap Kualitas Hidup Pasien Skizofrenia di Ruang Rawat Inap RSJ Grhasia Pemda DIY. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI SISKA.pdf

Download (295kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar belakang : Kualitas hidup menjadi nilai ukuran kesehatan seseorang, dapat dinilai dari enam aspek yaitu kesehatan fisik, psikologis, tingkat ketergantungan, hubungan sosial, lingkungan dan spiritual. Masing-masing aspek satu dengan lainnya saling berkaitan, jika salah satu tidak terpenuhi maka akan mempengaruhi aspek yang lainnya. Hal ini tentunya akan memberi dampak pada kualitas hidup itu sendiri. Tujuan penelitian : Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh pemenuhan kebutuhan spiritual terhadap kualitas hidup pasien skizofrenia di ruang rawat inap RSJ Ghrasia Pemda DIY. Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian menggunakan rancangan Eksperimen Semu (Quasi Eksperiment) dengan Control Time Series Design. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien skizofrenia di ruang Srikandi dan Shinta RSJ Ghrasia sebanyak 24 responden. Analisa data menggunakan Paired t-test dan Independent t-test Hasil: Hasil penelitian menggunakan uji paired t-test pada kelompok eksperimen didapatkan nilai p value=0,000 (p<0,05), sedangkan uji Independent t-test menunjukkan nilai selisih rata-rata kualitas hidup pada kelompok eksperimen 21 dan selisih rata-rata kualitas hidup kelompok kontrol 2,4, dengan nilai p value=0,000 (p<0,05). Kesimpulan: Ada pengaruh pemenuhan kebutuhan spiritual terhadap kualitas hidup pasien skizofrenia di ruang rawat inap RSJ Ghrasia Pemda DIY. Saran: Bagi rumah Sakit disarankan untuk menerapkan terapi spiritual dan memberikan fasilitas ibadah yang sesuai. Bagi perawat disarankan untuk memberikan terapi spiritual. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk lebih mengendalikan variabel pengganggu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Mamnu'ah Penguji 2 : Suratini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 29 Oct 2015 07:34
Last Modified: 27 Dec 2017 01:37
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA