Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Hubungan aktivitas fisik terhadap academic burnout mahasiswa selama pembelajaran dalam jaringan (daring) di masa Covid-19


Salsabila Melianasari, 1810301036 and Tri Laksono, S.ST.FT., M.S PT and Devinta Yulia Laksmita, S.Ftr.,M.KKK (2022) Hubungan aktivitas fisik terhadap academic burnout mahasiswa selama pembelajaran dalam jaringan (daring) di masa Covid-19. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
NasPub_Salsabila Melianasari_1810301036_Fisioterapi - Salsabila Melianasari.pdf

Download (879kB)

Abstract

Latar Belakang: Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan pendidikan berupa pembelajaran dalam jaringan (daring) dan work from home (WFH). Daring merupakan suatu model pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi dengan sistem jarak jauh. Penerapan physical distancing menyebabkan terbatasnya melakukan aktivitas fisik, mobilitas, dan sosial. Aktivitas fisik adalah segala bentuk gerakan tubuh yang menyebabkan peningkatan kebutuhan kalori tubuh melebihi dari kebutuhan energi dalam keadaan istirahat. Mahasiswa memiliki tugas-tugas akademik dengan intensitas yang lebih tinggi daripada siswa pada tingkatan sekolah. Burnout dalam bidang akademik atau biasa dikenal dengan istilah academic burnout yang mengacu pada stres, beban atau faktor psikologis lainnya karena proses pembelajaran yang diikuti mahasiswa sehingga menunjukan keadaan kelelahan emosional (exhaustion), kecenderungan untuk depersonalisasi (cynism), dan perasaan tidak kompeten (professional efficacy). Tujuan: Untuk mengetahui apakah ada hubungan aktivitas fisik terhadap academic burnout mahasiswa selama pembelajaran dalam jaringan (daring) di masa pandemi covid-19. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif korelatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 154 mahasiswa fisioterapi sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil: Ada hubungan aktivitas fisik terhadap academic burnout mahasiswa selama pembelajaran dalam jaringan (daring) di masa pandemic covid-19. Kesimpulan: Hubungan aktivitas fisik terhadap academic burnout mahasiswa selama pembelajaran dalam jaringan (daring) di masa pandemi covid-19 memiliki nilai korelasi sebesar -0,160 yang termasuk kategori hubungan sangat rendah dan arah hubungan negatif. Saran: Bagi responden diharapkan dapat meningkatkan aktivitas fisik dan mengatasi burnout yang dialami mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Physiotherapy
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 31 Oct 2022 05:00
Last Modified: 31 Oct 2022 05:00
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/6539

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA