Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Hubungan Spiritualitas dengan Tingkat Kecemasan Menghadapi Kematian pada lansia Umur di Atas 60 tahun di Dusun Tanggulangin, Pandean, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah.


Setyawan, Muh Fery and Syaifudin, Syaifudin (2013) Hubungan Spiritualitas dengan Tingkat Kecemasan Menghadapi Kematian pada lansia Umur di Atas 60 tahun di Dusun Tanggulangin, Pandean, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (505kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

INTISARI Latar belakang: Lanjut usia adalah tahap akhir siklus hidup manusia, merupakan bagian dari proses kehidupan yang tidak bisa dihindari dan akan dialami oleh semua manusia. Kecemasan menghadapi kematian di pengaruhi beberapa faktor seperti spiritualitas. Tujuan: Mengetahui hubungan spiritualitas dengan tingkat kecemasan dalam menghadapi kematian pada lansia di Dusun Tanggulangin, Pandean, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah tahun 2013. Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen, desain yang digunakan adalah studi korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 52 orang. Cara pengambilan sampel yaitu dengan cara simple random sampling yaitu 46 responden. Analisis data menggunakan rumus Kendall Tau. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara spiritualitas dengan tingkat kecemasan menghadapi kematian lansia umur di atas 60 tahun di Dusun Tanggulangin, Pandean, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah tahun 2013. Hasil Uji analisis dengan Kendall Tau didapatkan nilai yang signifikan p sebesar 0,001 (<0,05) dan nilai ? sebesar -0,389 sehingga dinyatakan ada hubungan bermakna dan keeratan rendah. Kesimpulan: Ada hubungan antara spiritualitas dengan tingkat kecemasan menghadapi kematian dengan nilai signifikan p < 0,05 yaitu 0,001 dan koefisien korelasi sebesar -0,389 sehingga dinyatakan keeratan hubungan yang rendah. Saran: Kepada Dusun Tanggulangin agar dapat membekali para lansia dalam menghadapi kematian dengan sesuatu yang dapat menimbulkan ketenangan secara batin. Kata Kunci : Spiritualitas, Kecemasan menghadapi kematian, lansia Referensi : 35 buku, 2 penelitian, dan 3 internet Halaman : xiii, 72 halaman, 2 gambar, 10 tabel, 11 lampiran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Syaifudin Penguji 2 : Ibrahim Rahmat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 29 Oct 2015 05:38
Last Modified: 02 Jan 2018 02:47
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA