Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Hubungan Ketepatan penilaian Triase dengan Tingkat Keberhasilan Penanganan Pasien Cedera Kepala di IGD RSU PKU Muhammadiyah Bantul


Prasetyantoro, Indra and Widaryati, Widaryati (2013) Hubungan Ketepatan penilaian Triase dengan Tingkat Keberhasilan Penanganan Pasien Cedera Kepala di IGD RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI_INDRA PRASETYANTORO.pdf.pdf

Download (608kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Cedera kepala merupakan salah satu kejadian trauma yang memiliki angka kejadian yang cukup tinggi dan merupakan sebuah keadaan yang mengancam jiwa serta menimbulkan kecacatan yang tinggi sehingga harus mendapat perhatian serius dari semua pihak. Cedera kepala harus mendapatkan penanganan yang komprehensif dari mulai penanganan awal hingga pada penanganan lebih lanjut. Pemilahan pasien berdasarkan berat ringannya cedera atau triase memiliki peran yang sangat penting pada penanganan cedera kepala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan ketepatan penilaian triase dengan tingkat keberhasilan penanganan pasien dengan cedera kepala. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei analitik dengan rancangan study cohort. Penelitian ini menggunakan tehnik probability untuk mengambil sampel dalam hal ini digunakan proportionate stratified random sampling dan diperoleh sebanyak 62 responden. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara melakukan observasi langsung dengan menggunakan lembar observasi. Analisa data menggunakan komputerisasi menggunakan uji statistik nonparametrik dengan koefisien korelasi Kendalls tau (?). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang cukup berarti antara ketepatan penilaian triase dengan tingkat keberhasilan pasien dengan cedera kepala di IGD RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Ini dibuktikan dengan hasil analisis dari uji non parametric Kendalls tau dengan hasil angka koefisien korelasi yang mencapai nilai 0,487 atau bisa disimpulkan memiliki hubungan yang cukup berarti. Saran peneliti setelah melakukan penelitian adalah perlu adanya sebuah mekanisme atau standar oprasional pada penanganan kegawatdaruratan trauma khususnya cedera kepala di instalasi gawat darurat. Peningkatan kompetensi petugas gawat darurat demi terciptanya pelayanan yang komprehensif sangat diperlukan demi terciptanya tingkat keberhasilan yang optimal dalam penanganan pasien dengan cedera kepala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Ruhyana Penguji 2 : Widaryati
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 29 Oct 2015 04:27
Last Modified: 29 Dec 2017 07:21
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA