Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

KORELASI ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MELALUI MARKETPLACE SHOPEE PADA MAHASISWI YOGYAKARTA


Elvina Awalia Fauzi, 1710801044 and Andhita Dyorita, S.Psi., M.Psi., Psikolog and Annisa Warastri, S.Psi., M.Psi., Psikolog (2021) KORELASI ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MELALUI MARKETPLACE SHOPEE PADA MAHASISWI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
Final - Naskah Publikasi - Elvina Awalia - Elvina Awalia.pdf

Download (260kB)
Official URL: http://digilib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Berkembangnya teknologi internet cenderung menyebabkan mahasiswi belum mampu bersikap bijak dalam menyikapi serta menghadapi era globalisasi. Mahasisiwi memaknai uang sebagai alat guna memenuhi kebutuhan yang mereka inginkan sehingga cenderung membeli barang berdasarkan keinginannya, bukan kebutuhannya. Dengan adanya online review seringkali mendorong keinginan mahasiswi untuk membeli produk tersebut yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Penelitian ini membahas tentang korelasi online customer review terhadap perilaku konsumtif melalui marketplace shopee pada mahasiswi Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswi aktif yang sedang menempuh pendidikan di Yogyakarta. penelitian ini dilakukan dengan memberikan 2 skala pada 99 responden dengan meggunakan teknik random sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan Pearson Correlation Product Moment. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa online customer review memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai P=0,021<0,05. Hasil uji Pearson Correlation Product Moment dengan menggunakan IBM SPSS Statistisc version 23.0 didapatkan hasil rhitung (0,232) > rtabel (0,196). Maka menunjukkan adanya hubungan positif antara online customer review dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi di Yogyakarta. Sumbangan efektif online customer review dalam mempengaruhi variabel terikat yaitu perilaku konsumtif sebesar 5,4%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Online customer review, Perilaku Konsumtif, Marketplace Shopee, Mahasiswi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty Economics, Social Sciences, and Humanities > School of Psychology
Depositing User: Admin Mr. Admin
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:05
Last Modified: 24 Nov 2021 03:05
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/6012

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA