Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

LITERATURE REVIEW GAMBARAN PENATALAKSANAAN KEJADIAN TEMPER TANTRUM PADA ANAK AUTISME


Wulandari, 1910104079 and Herlin Fitriana Kurniawati, S.SiT., M.Kes and Yekti Satriyandari, S.ST., M.Kes (2020) LITERATURE REVIEW GAMBARAN PENATALAKSANAAN KEJADIAN TEMPER TANTRUM PADA ANAK AUTISME. Skripsi thesis, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
WULANDARI_1910104079_PROGRAM STUDI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA TERAPAN FAKULTAS KESEHATAN - Wulan Dari (1).pdf

Download (552kB)
Official URL: http://digilib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Autisme adalah suatu gangguan perkembangan secara menyeluruh, gangguan yang dialami anak autisme adalah gangguan dalam bidang perilaku, gangguan dalam bidang komunikasi (verbal dan non verbal), gangguan bidang perasaan atau emosi dan gangguan dalam bidang persepsi-sensorik. Pada anak normal ataupun anak autis dapat mengalami temper tantrum. Mereka biasanya mengekspresikan kemarahan mereka disertai tindakan dengan perilaku negatif, apabila perilaku tantrum tersebut tidak ditangani dengan tepat, akan mempengaruhi perkembangan emosi hingga selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Penatalaksanaan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Autisme. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode scoping review. Yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: Organize yakni mengorganisasi literature yang akan ditinjau/direview, Synthesize yakni menyatukan hasil organisasi literature menjadi suatu ringkasan agar menjadi satu kesatuan yang padu dengan mencari keterkaitan antar literature, Identtify di gunakana untuk mengidentifikasi isu-isu dalam literature Formulate yaitu dengan merumuskan pertanyaan yang membutuhkan penelitian lebih lanjut. Hasil dalam 10 jurnal literature tiga yang di capai sebagai hasil dari scoping review yaitu: Temper tantrum pada anak autisme, penanganan temper tantrum pada anak autisme, strategi pembelajaran untuk mengatasi perilaku temper tantrum pada anak autisme. Kesimpulan perilaku tantrum di akibatkan masalah dalam memperoses input sensorik. Perilaku berlebihan pada anak autisme ditunjukkan dengan perilaku seperti menjerit, menangis, mengamuk, dan sejenisnya serta stimulasi diri, seperti tangan mengepak-ngepak, memutar-mutar badan membanting-banting, berjalan lurus dan sebagainya. Dalam mengatasi temper tantrum pada anak autisme yaitu dengan strategi positif dengan membiarkan anak merasa tenang, dan tidak melakukan tindakan kekerasan bagi fisik dan psikologi anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Temper tantrum, anak autisme, Penanganan temper tantrum. 1
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RB Pathology
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Admin Mr. Admin
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:38
Last Modified: 22 Oct 2021 06:38
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/5345

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA