Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasn Pasien Puskesmas Gandrungmangu I Cilacap


Endang Rosidah, 1910104310 and Yekti Satriyandari, S.ST., M.Kes and Enny Fitriahadi, S.ST., M.Kes (2020) Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasn Pasien Puskesmas Gandrungmangu I Cilacap. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
ENDANG ROSIDAH_1910104310_SARJANA TERAPAN KEBIDANAN - dewiendah wigati.pdf

Download (255kB)
Official URL: http://digilib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan kualitas pelayanan adalah kepuasan pasien. Dalam hal ini, ukuran keberhasilan penyelenggaraan pelayanan puskesmas ditentukan oleh tingkat kepuasan pasien sebagai penerima pelayanan. Kepuasan pasien dapat dicapai jika pasien memperoleh pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan dan diharapkan pada semua aspek layanan yang dibutuhkan oleh pasien/masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Gandrungmangu I Cilacap. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional, variabel bebasnya yaitu kualitas pelayanan dan variabel terikatnya kepuasan pasien. Pengambilan data menggunakan data primer dalam bentuk isian kuesioner. Sampel penelitian sejumlah 100 pasien yang telah memenuhi kriteria. Teknis analisis yang digunakan yaitu analisis chi square. Hasil penelitian diketahui persepsi pasien terkait kualitas pelayanan dalam kategori baik, sedangkan untuk kepuasan secara umum mempersepsikan puas terkait layanan yang diterimanya. Berdasarkan hasil uji chi square menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05 yang berarti ada hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien Puskesmas Gandrungmangu I Kabupaten Cilacap. Karenanya responden ataupun pasien dapat memanfaatkan pelayanan yang disediakan oleh Puskesmas sesuai dengan kebutuhan, sehingga diharapkan membantu proses penyembuhan yang dialaminya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Admin Mr. Admin
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:37
Last Modified: 22 Oct 2021 06:37
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/5344

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA