Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

PERBEDAAN PENGARUH PLAY THERAPY DAN VIRTUAL REALITY TERHADAP PENINGKATAN ATENSI PADA ANAK ATTENTION DEFISIT HIPERACTIVITY DISORDER (ADHD)


Marta, Yosi Fatzu (2019) PERBEDAAN PENGARUH PLAY THERAPY DAN VIRTUAL REALITY TERHADAP PENINGKATAN ATENSI PADA ANAK ATTENTION DEFISIT HIPERACTIVITY DISORDER (ADHD). Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
naskah publikasi-1.pdf

Download (883kB)
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Inatensi pada anak ADHD menjadikan masalah utama dalam proses belajar disekolah. Gejala gangguan atensi pada anak ADHD, dapat dilihat dari kegagalan anak dalam memberikan perhatian secara utuh terhadap sesuatu. Anak yang mengalami kesulitan dalam pemusatan perhatian juga ditandai dengan kurang mendengarkan dan tidak mau nenatap lawan bicaranya. Prevalensi anak ADHD sebanyak 5,29% dan selalu meningkat setiap tahunnya, yang mengalami penurunan atensi sebanyak 15,3%. Tujuan : Untuk mengetahui perbedaan pengaruh Play Therapy dan Virtual Reality Terhadap peningkatan Atensi pada anak Attention Defisit Hiperactivity Disorder (ADHD). Metode Penelitian : Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasy experimental, penelitian menggunakan metode rancangan pre and post test two group design sampel berjumlah 8 orang dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok perlakukan 1 berjumlah 4 orang yang diberikan intervensi Play Therapy, kelompok perlakuan 2 berjumlah 4 orang yang diberikan intervensi Virtual Reality. Alat ukur yang digunakan adalah kuesiner SNAP Rating Scalae IV . Hasil : Hasil uji menggunakan Paired sampel t-test pada kelompok 1 p=0,003 (p<0,05) dan kelompok II p=0,001 (p<0,05), hal ini menunjukkan bahwa kedua perlakuan yang diberikan pada kelompok I dan II meniliki pengaruh terhadap peningkatan Atensi pada anak ADHD. Sedangkan Independen sampel t-test pada kelompok perlakuan p=0,129 (p>0,05), hal ini menunjukkan perlakuan yang dilakukan pada kelompok perlakuan I dan II tidak memiliki perbedaan pengaruh terhadap peningkatan Atensi pada anak ADHD. Kesimpulan : Tidak ada perbedaan Pengaruh Play Therapy Dan Virtual Reality Terhadap Peningkatan Atensi Pada Anak Attention Defisit Hiperactivity Disorder (ADHD). Saran : Saran dari hasil penelitian ini adalah Play Therapy dan Virtual Reality bisa diberikan pada anak ADHD di sekolah, ditempat terapi dan dirumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Siti Khotimah Penguji 2 : Muhammad Irfan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Physiotherapy
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 19 Mar 2019 02:13
Last Modified: 19 Mar 2019 02:13
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/4691

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA