Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

HUBUNGAN HOBI BERMAIN VIDEO GAME KEKERASAN DENGAN PERILAKU BULLY PADA REMAJA DI SMK N I TEMON KULONPROGO


Anggraini, Riska Diah (2019) HUBUNGAN HOBI BERMAIN VIDEO GAME KEKERASAN DENGAN PERILAKU BULLY PADA REMAJA DI SMK N I TEMON KULONPROGO. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
Naskah Publikasi Riska Diah Anggraini.pdf

Download (853kB)
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Perilaku bully memberikan efek negatif pada remaja yang dapat berlanjut pada masa dewasa. Sulitnya memutus mata rantai kasus bully anak menjadi permasalahan, sebab korban bisa menjadi pelaku dan pelaku dapat pula manjadi korban. Bullying sendiri merupakan bagian dari perilaku agresif yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang. Remaja yang sering bermain game kekerasan lebih agresif dari pada remaja yang sering bermain game bukan kekerasan atau bahkan dibandingkan remaja yang tidak bermain game sama sekali. Tujuan: Mengetahui hubungan hobi bermain video game kekerasan dengan perilaku bully pada remaja di SMK N 1 Temon Kulonprogo. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah correlation dengan pendekatan cross sectional, serta menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah sampel 65 responden. Analisa data yang digunakan adalah Pearson Product Moment. Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment didapatkan nilai asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,002 (p<0,05). Hasil analisis uji Pearson Product Moment menunjukkan ada hubungan bermakna secara statistik antara hobi bermain video game kekerasan dengan perilaku bully. Keeratan hubungan sebesar 0,379 berarti hubungan antara hobi bermain video game kekerasan dengan perilaku bully dapat dikatakan lemah. Simpulan dan Saran: Ada hubungan bermakna secara statistik antara hobi bermain video game kekerasan dengan perilaku bully Dari hasil penelitian ini diharapkan remaja dapat mengetahui efek dari game yang mengandung unsur kekerasan dan memilih-milih game mana yang baik dimainkan dan yang tidak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Prastiwi Puji Rahayu Penguji 2 : Deasti Nurmagupita
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 14 Mar 2019 07:29
Last Modified: 14 Mar 2019 07:29
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/4620

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA