Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Hubungan Pola Asuh Permisif dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di SD N Turen Pakem Sleman Yogyakarta


Hidayah, Dina Nur (2019) Hubungan Pola Asuh Permisif dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di SD N Turen Pakem Sleman Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
NASPUB.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Perilaku bullying merupakan bentuk pemalakan, pengucilan, serta intimidasi. Bentuk perilaku bullying baik secara fisik, verbal, dan psikologis menimbulkan dampak yang mempengaruhi perkembangan anak. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menerima laporan dari kurun waktu 2011 hingga September 2017 ada 26 ribu kasus anak, 34% kasus kekerasan dan 19% kasus keluarga dan pengasuhan. Berdasarkan pemaparan kasus bullying yang kompleks tersebut, Indonesia sudah masuk kategori "darurat bullying di sekolah", salah satu faktor terjadinya bullying yaitu pola asuh orang tua yang permisif. Orang tua permisif tidak mendorong anaknya untuk menaati norma atau peraturan yang berlaku, memberikan kebebasan kepada anaknya untuk mengatur kegiatannya sendiri, dengan pola asuh yang seperti ini, maka seorang anak cenderung mengembangkan perilaku agresi yang terbuka atau terang-terangan. Tujuan: Mengetahui Hubungan Pola Asuh Permisif dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah di SD N Turen Pakem Sleman Yogyakarta. Metode Penelitian: Penelitian deskriptif korelasi dengan rancangan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah 141 siswa-siswi kelas I-VI usia 7-12 tahun SD N Turen. Pengambilan sampel penelitian ini dengan propotional stratified random. Analisis data menggunakan uji statistik Chi-Square, alat pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi antar dua variabel sebesar 0,033 < 0,05 dengan keeratan hubungan sebesar 0,323 yang menunjukan ada hubungan antara pola asuh permisif dengan perilaku bullying pada anak usia sekolah di SD N Turen dengan keeratan kategori rendah. Kesimpulan dan Saran: Ada Hubungan Pola Asuh Permisif dengan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah di SD N Turen Pakem Sleman Yogyakarta. Meningkatkan pengetahuan bagi guru dalam perilaku-perilaku pada siswa terutama perilaku bullying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Kustiningsih Penguji 2 : Istinengtyas Tirta Suminar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 28 Feb 2019 02:22
Last Modified: 28 Feb 2019 02:22
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/4330

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA