Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

HUBUNGAN TINGKAT STIMULASI IBU DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL PADA ANAK USIA 24-60 BULAN DI DUSUN KOWEN TIMBULHARJO SEWON BANTUL TAHUN 2011


Anna Riawati, NIM. 090105030 and Suesti, S.Si.T. (2012) HUBUNGAN TINGKAT STIMULASI IBU DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL PADA ANAK USIA 24-60 BULAN DI DUSUN KOWEN TIMBULHARJO SEWON BANTUL TAHUN 2011. Tugas Akhir thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI_Anna Riawati.pdf

Download (223kB) | Preview
Official URL: https://lib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Perkembangan personal sosial sangat dipengaruhi lingkungan dan interaksi antara anak dengan orang tua / orang dewasa lainnya. Stimulasi pada anak yang dilaksanakan secara efektif mampu merangsang kemampuan dasar dalam perkembangan motorik kasar dan halus, kemampuan berbahasa (berbicara) serta kemampuan bersosialisasi untuk terciptanya suatu kemandirian, sehingga stimulasi yang tidak dilaksanakan secara efektif dapat berpengaruh terhadap salah satu atau lebih timbulnya gangguan dalam perkembangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara tingkat stimulasi ibu dengan perkembangan personal sosial pada anak usia 24-60 bulan. Jenis penelitian ini adalah kuantitaif dengan metode observasional screening Denver II dan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu-ibu yang mempunyai anak usia 24-60 bulan dan anak usia 24-60 bulan di dusun Kowen I Timbulharjo Sewon Bantul, yaitu sejumlah 38 orang, teknik sampling yang digunakan adalah total sampling jenuh. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Kendal Tau. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa stimulasi baik sebanyak 29 orang (76,31%), stimulasi cukup sebanyak 9 orang (23,69%), dan stimulasi kurang sebanyak 0 orang (0%). Hasil hubungan antara tingkat stimulasi ibu dengan perkembangan personal sosial anak diperoleh ߬sebesar 0,486 dengan nilai p = 0,03 (p<0,05). Hasil ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat stimulasi ibu dengan perkembangan personal sosial pada anak usia 24-60 bulan di dusun Kowen Timbulharjo Sewon Bantul Tahun 2011. Oleh karena itu disarankan kepada orang tua untuk selalu memberikan stimulasi kepada anak sesuai dengan usia anak guna meningkatkan perkembangan personal sosial yang lebih baik / normal sehingga terhindar dari perkembangan personal sosial yang lambat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir)
Additional Information: Penguji 1: Suesti, S.SiT., M.PH. penguji 2: Drs. Kirnantoro, S.KM., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Tingkat Stimulasi, Perkembangan Personal Sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 23 Feb 2018 03:11
Last Modified: 23 Feb 2018 03:11
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/3612

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA