Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Hubungan Pemanfaatan Media Massa dengan Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi pada Remaja di SMP 3 Muhammadiyah Wirobrajan Yogyakarta Tahun 2015


Putri, Ayu Renzhani Tirani and Sobri, Hikmah (2015) Hubungan Pemanfaatan Media Massa dengan Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi pada Remaja di SMP 3 Muhammadiyah Wirobrajan Yogyakarta Tahun 2015. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ayu Renzhani Tirani Putri_201410104215_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (608kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Remaja merupakan kelompok penduduk dalam jumlah besar karena seperlima penduduk dunia adalah remaja. Saat ini lebih dari satu milyar penduduk berusia 10-19 tahun, 70% di antaranya tinggal di negara berkembang. Hingga saat ini, kebutuhan remaja akan informasi, pendidikan dan pelayanan tentang kesehatan reproduksi masih belum dipenuhi dengan baik. Remaja sering merasa tidak nyaman atau tabu untuk membicarakan masalah seksualitas dan kesehatan reproduksinya. Akan tetapi karena faktor keingintahuannya, mereka akan berusaha untuk mendapatkan informasi ini. Remaja sering merasa bahwa orang tuanya menolak membicarakan masalah seks sehingga mereka kemudian mencari alternatif sumber informasi lain seperti teman atau media massa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan media massa dengan tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi pada remaja. Penelitian ini menggunakan desain survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 162 siswa. Hasil penelitian analisis kendall tau diperoleh bahwa ada hubungan antara pemanfaatan media massa dengan tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi dengan (p= 0,000), keeratan hubungan sedang 0,558. Pemanfaatan media massa dengan kategori sedang (69,1%) dan tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi dalam kategori baik (59,9%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1: ERy Khusnul Penguji 2: Hikmah
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 26 Oct 2015 02:36
Last Modified: 23 Nov 2017 06:48
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA