Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN ANTENATAL DENGAN FREKUENSI ANC PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI PUSKESMAS PANJATAN KULON PROGO TAHUN 2009


Rizka Pena Rahmatika, NIM. 060105045 and Sulistyaningsih, SKM, MH.Kes (2009) HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN ANTENATAL DENGAN FREKUENSI ANC PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI PUSKESMAS PANJATAN KULON PROGO TAHUN 2009. Tugas Akhir thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI RIZKA PENA.pdf

Download (409kB) | Preview
Official URL: https://lib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Kepuasan pelayanan antenatal sangat terkait dengan frekuensi ANC, karena kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan antenatal dapat menumbuhkan motivasi untuk menjaga kehamilannya yang salah satu caranya adalah dengan rutin dan mengikuti standar kunjungan antenatal. Tingkat kepuasan pelayanan antenatal diukur dengan lima dimensi yaitu bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan pehatian (empaty). Pemerintah telah memberikan kebijakan agar ibu hamil memeriksakan kehamilannya ke tenaga kesehatan minimal empat kali selama kehamilannya.. Berdasarkan studi pendahuluan pada bulan September 2008 di Puskesmas Panjatan Kulon Progo yang dilakukan dengan wawancara langsung kepada ibu hamil trimester III mengatakan pelayanan yang kurang cepat, informasi yang kurang menyeluruh, dan masih ditemukan ibu hamil trimester III yang mempunyai frekuensi kunjungan ANC kurang dari empat kali. Tujuan penelitian ini untuk diketahui hubungan tingkat kepuasan pelayanan antenatal dan frekuensi antenatal care (ANC) pada ibu hamil trimester III. Penelitian ini menggunakan rancangan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Variabel bebas adalah tingkat kepuasan pelayanan antenatal dan variable terikat adalah frekuensi antenatal care (ANC) pada ibu hamil trimester III. Alat pengumpulan data dengan kuesioner, sampel penelitian ini sebanyak 65 responden di Puskesmas Panjatan Kulon Progo. Analisis data dengan uji Pearson Product Moment diketahui hasilnya 0,569 menunjukkan korelasi hubungan dua variable adalah sedang dan uji signifikasi sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05 artinya hubungan dua variable adalah signifikan. Dimensi tingkat kepuasan pelayanan antenatal sebagian besar responden menyatakan puas. Frekuensi antenatal care (ANC) pada ibu hamil trimester III dinilai baik yaitu sebagian besar responden mempunyai frekuensi ANC sesuai standar cakupan K7. Disarankan kepada Puskesmas Panjatan Kulon Progo untuk meningkatkan dimensi tingkat kepuasan pelayanan antenatal dan mempertahankan frekuensi ANC.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir)
Additional Information: Penguji 1:Sulistyaningsih, S.KM., MH.Kes. Penguji 2:Tri Wahyuning, S.SiT
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pelayanan antenatal, Frekuensi ANC
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 06 Feb 2018 07:10
Last Modified: 06 Feb 2018 07:10
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/3425

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA