Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALASAN PASIEN DALAM PEMILIHAN PELAYANAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2009


Isnaeni, Irfan Bahtiar and Nuryandari, Nuryandari (2009) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALASAN PASIEN DALAM PEMILIHAN PELAYANAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2009. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASPUB.pdf

Download (499kB) | Preview
Official URL: https://lib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Data dari RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta 2008, angka kunjungan di Instalasi Gawat Darurat adalah relatif stabil. Diharapkan ada keinginan untuk meningkatkan mutu agar kunjungan pasien dapat meningkat. Ada faktor- faktor yang mempengaruhi alasan pasien dalam pemilihan pelayanan terhadap 10 pasien yang periksa di Instalasi Gawat Darurat, enam pasien memilih faktor kecepatan pelayanan sebagai prioritas pertama dalam memilih pelayanan di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit PKU Muhammdiyah Yogyakarta, sedangkan untuk Keramahan, Fasilitas Pelayanan, Biaya Murah, dan Transportasi Mudah masing-masing satu pasien. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi alasan pasien dalam pemilihan pelayanan di Instalasi Gawat Darurat RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Sampel dari penelitian ini adalah pasien dan keluarga pasien yang berjumlah 100 responden. Penelitian non eksperimen dengan menggunakan pendekatan rancangan penelitian deskriptif dengan desain cross sectionalyaitu dengan mengkaji data langsung dari responden, diamati dan diukur pada waktu bersamaan dan analisa datanya : univariat , Hasil penelitian, 65 % memilih kualitas pelayanan sedang dimensi dari kualitas pelayanan, 62 % memilih kecepatan pelayanan. Kesimpulan dari penelitian tentang faktor – faktor yang mempengaruhi alasan pemilihan pelayanan yang menjadi prioritas utama adalah kualitas pelayanan, Alasan pemilihan dalam kualitas pelayanan Di Instalasi Gawat Darurat yang menjadi prioritas utama adalah kecepatan pelayanan dan yang paling rendah adalah pelayanan yang handal. Saran untuk pimpinan agar meningkatkan dan mempertahankan mutu pelayanan dan memperhatikan masukan-masukan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: penguji 1: Nuryandari, Penguji 2: Yuli Isnaeni
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 18 Jan 2018 03:53
Last Modified: 18 Jan 2018 03:53
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/3170

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA