Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN PUSKESMAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KOKAP II SEGAJIH HARGOTIRTO KOKAP KULON PROGO YOGYAKARTA


Agustina, Wulan and Sugiyanto, Sugiyanto (2009) HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN PUSKESMAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KOKAP II SEGAJIH HARGOTIRTO KOKAP KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASPUB.pdf

Download (493kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Latar belakang: Layanan kesehatan yang bermutu adalah layanan kesehatan yang paling efisien. Organisasi layanan kesehatan yang menghasilkan layanan kesehatan bermutu akan selalu dihormati oleh masyarakat dan akan dicari oleh pasien. Dengan demikian, layanan kesehatan yang terjamin mutunya merupakan suatu layanan kesehatan yang kompetitif. Layanan kesehatan yang bermutu adalah layanan kesehatan yang selalu berupaya memenuhi harapan pasien sehingga pasien akan merasakan kepuasan. Pengukuran kepuasan, pelanggan merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif. Tujuan Penelitian: Mengetahui mutu pelayanan puskesmas dan kepuasan pasien. Dan mengetahui hubungan antara keduanya. Waktu Penelitian : Mulai pada tanggal 28 November 2008 sampai 28 Juli 2009 mulai dari pengajuan proposal sampai laporan penelitian selesai. Metode: Jenis penelitian non eksperimen dengan metode survey yang bersifat analitk dengan cross sectiona. Sampel diambil secara Non Random dengan teknik Accidental Sample yaitu dilakukan dengan mengambil responden yang kebetulan ada atau tersedia saat proses penelitian. Hasil: Berdasar hasil analisa koefisien Spearman's rho sebesar 0,456 dengan probabilitas 0,000 (< 0,05) maka terdapat hubungan yang nyata antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien. Nilai koefisien ini menunjukkan derajat hubungan kedua variabel agak rendah karena berada pada rentang 0,400 – 0,600. Kesimpulan : Ada hubungan antara mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kokap II. Saran: Responden mendukung dan melakukan hal-hal yang dapat membantu peningkatan mutu pelayanan Puskesmas Kokap II dalam memberikan pelayanan yang bermutu yang nantinya akan menimbulkan kepuasan bagi pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: penguji 1:Sugiyanto, penguji 2:Suryani
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Puskesmas, Kepuasan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 03 Jan 2018 03:02
Last Modified: 03 Jan 2018 03:02
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/3052

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA