Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

HUBUNGAN FREKUENSI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA KELAS XI IPA DAN XI IPS DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA


Fitrotunnisa, Windi Yuli Utami Feronika Ana and Kustiningsih, Kustiningsih (2017) HUBUNGAN FREKUENSI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA KELAS XI IPA DAN XI IPS DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI PDF.pdf

Download (840kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Masa remaja merupakan masa dimana seseorang sedang mengalami perubahan di dalam diri yang dapat disebut masa krisis, disebut masa krisis karena remaja akan menginjak ke masa dewasa. Pada masa pubertas atau masa menjelang dewasa, remaja mengalami banyak pengaruh-pengaruh dari luar yang menyebabkan remaja terbawa pengaruh oleh lingkungan tersebut. Remaja yang tidak bisa menyesuaikan atau beradaptasi dengan lingkungan yang selalu berubah-ubah akan melakukan perilaku yang maladaptive, seperti contohnya perilaku agresif yang dapat merugikan orang lain dan juga diri sendiri. Tujuan Penelitian: Diketahuinya hubungan frekuensi bermain game online dengan perilaku agresif pada remaja kelas XI IPA dan XI IPS di SMA Muhammadiyah 7 yogyakarta. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode pendekatan waktu crosssectional dan analisa data menggunakan tekhnik uji korelasi Kendall’s Tau. Jumlah sampel 144 orang. Teknik sampling dilakukan dengan metode simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian: Hasil uji kendall’s tau nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,066 (0,066>0,05). Frekuensi bermain game online tinggi 11%, sedang 9%, rendah 79%. Dan frekuensi perilaku agresif tinggi 7%, sedang 29,9%, rendah 69,4%. Simpulan: Tidak ada hubungan frekuensi bermain game online dengan perilaku agresif pada remaja kelas XI IPA dan XI IPS di SMA Muhammadiyah 7 yogyakarta. Saran: Remaja diharapkan melakukan kegiatan positif, membatasi dan mengendalikan diri agar tidak terjadi kecanduan dalam bermain game online sehingga tidak mengganggu waktu dalam belajar dan dapat lebih banyak bersosialisasi dengan teman, orang tua serta keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Kustiningsih Penguji 2 : Dwi Prihatiningsih
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 18 Dec 2017 03:09
Last Modified: 18 Dec 2017 03:09
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/2983

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA