Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

PERBEDAAN PENGARUH SENAM OTAK DAN SENAM IRAMA TERHADAP MEMORI JANGKA PENDEK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MLANGI


Sudirman, Ivonita Mailani and Syaifudin, Syaifudin (2017) PERBEDAAN PENGARUH SENAM OTAK DAN SENAM IRAMA TERHADAP MEMORI JANGKA PENDEK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MLANGI. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
naspub versi 2.pdf

Download (524kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Usia 5-6 tahun anak merupakan usia dimana memiliki perkembangan dan pertumbuhan yang sangat penting untuk di stimulasi. Di usia tersebut anak membutuhkan berbagai stimulasi untuk membantu perkembangannya terutama aspek kognitif yang dianggap penting untuk proses kehidupannya dimasa yang akan datang. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh senam otak dan senam irama terhadap memori jangka pendek anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal. Metode Penelitian:Jenis penelitian ini experimentalpre test and post test two group design, 34 anak TK menjadi sampel dengan purposive sampling. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok I mendapatkan senam otakdilakukan 6 kali dalam 1 minggu selama 3 minggu, kelompok II mendapatkan senam irama,dilakukan 6 kali dalam 1 minggu selama 3 minggu.Penelitian ini menggunakan alat ukur Tes Digit Span untuk mengukur memori jangka pendek. Uji normalitas dengan Shapiro wilk test dan uji homogenitas data dengan Lavene’s test. Ujipaired sampel t-test untuk mengetahui peningkatan memori jangka pendek kelompok I dan uji wilcoxon untuk mengetahui peningkatan memori jangka pendek kelompok II serta independent sampel t-testuntuk menguji beda pengaruh intervensi kelompok I dan II.Hasil: Hasil uji paired sampel t-test pada kelompok I adalah p = 0,000 (p< 0,05) dan hasil uji wilcoxon pada kelompok II adalah p = 0,000 (p< 0,05), menunjukkan bahwa kedua intervensi berpengaruh terhadap peningkatan memori jangka pendek masing-masing kelompok. Sedangkan hasil independent sampel t-test adalah p = 0,510(p< 0,05), menunjukkan bahwa perlakuan yang dilakukan pada kelompok I dan II tidak memiliki perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan motorik kasar.Kesimpulan:Tidakada perbedaan pengaruh senam otak dan senam irama terhadap peningkatan memori jangka pendek pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Mlangi. Saran:Membandingkan keefektifan pengaruh dari stimulasi senam otak maupun senam irama dengan Aromatherapi terhadap memori jangka pendek anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Syaifudin Penguji 2 : Dika Rizki Imania
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Physiotherapy
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 13 Nov 2017 08:07
Last Modified: 15 Nov 2017 07:29
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/2857

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA