Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI BANGSAL FLAMBOYAN RSUD MUNTILAN


Ketnawati, Iin and Ruhyana, Ruhyana (2017) HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI BANGSAL FLAMBOYAN RSUD MUNTILAN. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Naskah Publikasi.pdf

Download (826kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan alat penting bagi keberhasilan organisasi rumah sakit. Kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan dapat dipengaruhi oleh komunikasi perawat dalam memberikan pelayanan, sikap empati, keramahan dan ketanggapan kepada keluarga, komunikasi dan pertanggung jawaban terhadap pelayanan yang diberikan. Buruknya penerapan komunikasi terapeutik oleh perawat dapat menimbulkan kesa lahan persepsi, mengganggu hubungan saling percaya, juga mengganggu hubungan yang terapeutik antara perawat dan pasien serta akan berdampak kepada ketidakpuasan pasien. Dari hasil wawancara yang dilakukan di Bangsal Flamboyan RSUD Muntilan, dari 15 orang y ang diwawancara, sebanyak 54% masih menyatakan kurang puas terhadap komunikasi terapeutik perawat. Metode Penelitian: Penelitian ini berjenis studi korelasi, dengan tehnik sampling yang digunakan adalah total sampling . Besar populasi dalam penelitian in i adalah 25 responden dan besar sampelnya adalah 25 responden. Dan penelitian ini menggunakan uji statistik yaitu uji kendall tau. Hasil penelitian: distribusi persepsi pasien terhadap komunikasi terapeutik perawat yang terbanyak adalah Baik yaitu sebanya k 11 orang (44%), dan yang paling sedikit adalah Kurang sebanyak 4 orang (16%), sedangkan distribusi kepuasan pasien yang terbanyak adalah sedang yaitu sebanyak 13 responden (52%), dan yang terkecil adalah rendah yaitu sebanyak 2 responden (8%), untuk hasi l uji Kendall tau didapatkan hasil p=0,001 lebih kecil daripada 0,05 (0,001<0,05) artinya bahwa ada hubungan antara persepsi pasien tentang pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di Bangsal Flamboyan RSUD Muntilan 2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: penguji 1:Ruhyana Penguji 2:Lutfi Nurdian A
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 02 Nov 2017 07:53
Last Modified: 17 Nov 2017 04:28
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/2541

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA