Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

HUBUNGAN PENGETAHUAN SEVEN JUMPS DENGAN PENERAPAN PROSES PEMBELAJARAN TUTORIAL PADA MAHASISWA DIV KEBIDANAN TAHUN KEDUA DI UNIVERSITAS AISYIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017


Izzati, Galuh Noerul and Widaryati, Widaryati (2017) HUBUNGAN PENGETAHUAN SEVEN JUMPS DENGAN PENERAPAN PROSES PEMBELAJARAN TUTORIAL PADA MAHASISWA DIV KEBIDANAN TAHUN KEDUA DI UNIVERSITAS AISYIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
GALUH NOERUL IZZATI ( 201510104447 ) NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (527kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Saat ini, perguruan tinggi dituntut untuk meluluskan mahasiswa dengan standarisasi tertentu. Oleh karena itu perlu dilakukan beberapa inovasi untuk dapat memenuhi standarisasi yang sudah ditetapkan. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan berorientasi kompetensi pada proses pembelajaran tutorial. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pengetahuan seven jumps dengan penerapan proses pembelajaran tutorial pada mahasiswa DIV Kebidanan tahun kedua di Universitas Aisyiyah Yogyakarta 2017. Metode Penelitian: Desain ini menggunkan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Data diperolah dengan menggunakan kuisioner. Jumlah 132 responden didapatkan dengan menggunakan teknik total sampling. Analisis data menggunakan kendall tau. Hasil: Hasil uji statistic menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan seven jumps dengan penerapan proses pembelajaran tutorial. Hasil yang diperoleh menunjukan nilai koefisien korelasi sebesar 0,181 * dan p= 0,037 artinya p < 0,05. Simpulan dan Saran: Hubungan antara pengetahuan seven jumps dengan penerapan proses pembelajaran tutorial memiliki hubungan. Pengetahuan yang baik dapat mempengaruhi proses jalannya pemebelajaran tutorial yang benar dan tepat. Diharapkan mahasiswa dapat mengetahui dan memahami langkah-langkah dalam metode seven jumps sebelum proses pembelajaran tutorial berlangsung di Universitas Aisyiyah Yogyakrta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Widaryati Penguji 2 : Dewi Rokhanawati
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:56
Last Modified: 20 Nov 2017 05:59
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/2413

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA