Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

EFEKTIFITAS COGNITIVE BEHAVIOURAL EDUCATIONAL INTERVENTION PADA PASIEN POST TRANS URETHERAL RESECTION OF THE PROSTATE DI RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL


Wantonoro, Wantonoro and Dahlan, Muhammad (2015) EFEKTIFITAS COGNITIVE BEHAVIOURAL EDUCATIONAL INTERVENTION PADA PASIEN POST TRANS URETHERAL RESECTION OF THE PROSTATE DI RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, 11 (2). pp. 112-118. ISSN 1858-0610

[img]
Preview
Text
6jurnal JKK 11-2-desember15 OK (baru).pdf

Download (998kB) | Preview
Official URL: http://ejournal.unisayogya.ac.id

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas cognitive behavioural educational intervention (CBEI) pada pasien post trans uretheral resection of the prostate (TURP) di RS PKU Muhammadiyah Bantul. Desain penelitian Quasi eksperimen posttest only control group. Pengambilan sampel dilakukan secara nonprobability sampling dengan metode accidental sampling (pada bulan Februari-Juni 2015) Sampel penelitian berjumlah 20 responden yang yang menjalani TURP dan terbagi dalam dua kelompok. Hasil uji statistik t-test independent didapatkan angka signifikansi 0,000. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada skala nyeri pada intervensi CBEI. Dari hasil penelitian, CBEI direkomendasikan diberikan pada pasien yang akan menjalani TURP supaya dapat mengontrol nyeri.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 24 Jan 2017 02:20
Last Modified: 24 Jan 2017 02:20
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/2360

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA