Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Perbandingan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah Berdasarkan Pola Asuh Orang Tua dalam Stimulasi Tumbuh Kembang di TK ABA Dadapan Sidoagung Godean Sleman Yogyakarta


Wulansari, Fitri and Khusnal, Ery (2010) Perbandingan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah Berdasarkan Pola Asuh Orang Tua dalam Stimulasi Tumbuh Kembang di TK ABA Dadapan Sidoagung Godean Sleman Yogyakarta. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASPUB.pdf

Download (601kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar belakang: Perkembangan personal sosial pada usia dini berperan penting dalam menentukan hubungan sosial anak di masa depan serta bagaimana mereka berperilaku dengan orang lain. Faktor-faktor tersebut yaitu pola asuh orang tua, gender, status sosial ekonomi, dan lingkungan tempat tinggal. Peran orang tua dalam perkembangan personal sosial anak sangat besar. Dengan begitu anak diharapkan mampu menjadi makhluk sosial yang sehat dan bertanggungjawab. Tujuan penelitian: Untuk diketahuinya perbedaan perkembangan personal sosial anak usia prasekolah berdasarkan pola asuh orang tua dalam stimulasi tumbuh kembang di TK ABA Dadapan Sidoagung Godean Sleman Yogyakarta. Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain penelitian non eksperimen dengan jenis penelitian cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah anak usia prasekolah dari TK ABA Dadapan Sidoagung Godean Sleman Yogyakarta. Dalam penelitian ini menggunakan Probability Sampling dengan teknik stratified Random Sampling. Jumlah Sampel pada penelitian ini adalah 39. Cara pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data dilakukan dengan rumus Kruskal-Wallis dan Mann-Whitney. Waktu Penelitian: Penelitian ini dilakukan pada tanggal 19 Juni sampai dengan 17 Juli 2010 Hasil: Hasil uji Kruskal-Wallis Test didapatkan nilai c2 sebesar 16,156 pada df 2 dengan taraf signifikansi (p) 0,000. Dengan demikian berarti nilai p lebih kecil dari nilai (p<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada ada perbedaan perkembangan personal sosial pada anak usia prasekolah berdasarkan pola asuh orang tua Kesimpulan: Perkembangan personal sosial anak dengan pola asuh otoritatif lebih baik dari pada perkembangan personal sosial anak dengan menggunakan pola asuh permisif atau otoriter. Saran: Diharapkan orang tua mampu memberikan pola asuh otoritatif kepada anak sehingga anak dapat tumbuh kembang secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Ery Khusnal Penguji 2 : Fika Nur Indriasari
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 27 Nov 2015 03:01
Last Modified: 02 Jan 2018 08:27
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1736

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA