Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Persepsi Mahasiswa DIV Bidan Pendidik tentang Pendekatan Pembelajaran Tutorial pada Mata Kuliah Kegawatdaruratan dalam Kebidanan di STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta


Maliana A.s., Andesia and Mufdlilah, Mufdlilah (2010) Persepsi Mahasiswa DIV Bidan Pendidik tentang Pendekatan Pembelajaran Tutorial pada Mata Kuliah Kegawatdaruratan dalam Kebidanan di STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ANDESIA MALIANA AS_090104061_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Keberadaan tenaga kebidanan yang berlatar belakang Diploma IV mempunyai peranan yang besar, dengan adanya pembelajaran tutorial pada mahasiswa DIV bidan pendidik untuk dapat mendewasakan dalam berfikir kritis terutama pada mata kuliah kegawatdaruratan dalam kebidanan. Untuk dapat menghasilkan lulusan DIII bidan yang berkompeten sehingga sangat diharapkan tenaga diploma bidan dapat menjadi bidan pendidik yang professional dengan menguasai teori serta praktek yang berhubungan dengan kebidanan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa DIV bidan pendidik tentang pendekatan pembelajaran tutorial pada mata kuliah kegawatdaruratan dalam kebidanan di STIKES `Aisyiyah Yogyakarta. Metode yang digunakan dengan pendekatan kualitatif phenomenaligic, dengan metode pengambilan sampel Snowball Sampling dan pengambilan data dengan Indeep Interview. Tujuh orang mahasiswa DIV bidan pendidik sebagai responden dalam in-deep interview dan analisa data dilakukan secara deskriptif analitis. Hasil penelitian dan analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa persepsi mahasiswa DIV bidan pendidik tentang pendekatan pembelajaran tutorial pada mata kuliah kegawatdaruratan ditemukan bahwa terdapat persepsi positif yaitu pembelajaran tutorial dapat mengembangkan potensi mahasiswa, menerapkan pembelajaran mandiri pada mahasiswa. Persepsi negatife bahwa jam belajar yang tidak tepat, adanya perbedaan persepsi antar fasilitator. Selain itu mahasiswa menegaskan bahwa pembelajaran tutorial dapat memanfaatkan media belajar dan sumber belajar yang ada, serta pembelajaran tutorial ini merupakan pemilihan metode yang tepat pada mata kuliah kegawatdaruratan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Mufdlilah Penguji 2 : Ummu Hani Edi Nawangsih
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 23 Nov 2015 06:21
Last Modified: 27 Jan 2018 04:42
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA