Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Pengalaman Mahasiswa Diploma III Kebidanan dalam Pencapaian Target Laporan Asuhan Kebidanan


YUSWANINGSIH, Munawaroh Trisnasmorowati and Warsiti, Warsiti (2011) Pengalaman Mahasiswa Diploma III Kebidanan dalam Pencapaian Target Laporan Asuhan Kebidanan. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI MUNAWAROH.pdf

Download (123kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Laporan asuhan kebidanan (askeb) merupakan salah satu metode evaluasi pada pembelajaran praktik klinik pada pendidikan Diploma III Kebidanan. Jumlah target laporan yang harus dicapai sekitar 315-450 laporan. Sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai untuk menjadi seorang bidan, terdapat berbagai target laporan askeb. Dengan perbandingan jumlah mahasiswa kurang lebih 600 mahasiswa dengan pertumbuhan penduduk di Yogyakarta dan keberhasilan program KB, maka sangat tidak berbanding antara jumlah kasus askeb dengan jumlah mahasiswa. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui pengalaman mahasiswa DIII Kebidanan dalam mencapai target laporan askeb, dilihat dari hambatan, strategi dan harapan. Metode yang digunakan dengan pendekatan kualitatif phenomenologic. Metode pengambilan sampel dengan Purposive Sampling dan pengambilan data dengan Indepth Interview. Jumlah responden 6 orang lulusan bidan dari institusi DIII Kebidanan di DIY. Analisa data dengan colaizzi. Tehnik triangulasi yang digunakan dengan analisa pakar dan mengembalikan kembali hasil wawancara untuk divalidasi oleh responden. Hasil penelitian, peneliti menyimpulkan pengalaman mahasiswa DIII Kebidanan dalam mencapai target laporan asuhan kebidanan diantaranya, penulisan laporan askeb persalinan adalah yang paling berat dicapai karena laporannya yang banyak dan panjang. Menuliskan laporan dengan data dan kasus fiktif. Belajar merupakan salah satu upaya dalam persiapan mencapai target laporan askeb. Harapan yang diinginkan adalah metode pendokumentasian yang sesuai dan metode bimbingan yang lebih meluang waktu dan memperhatikan perkembangan mahasiswa. Penelitian ini bisa dilanjutkan dengan Penilaian Tindakan Kelas untuk mengetahui sampai dengan kompeten diperlukan berapa kali melakukan sebuah tindakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Warsiti Penguji 2 : Retno Mawarti
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 23 Nov 2015 03:27
Last Modified: 03 Jan 2018 01:24
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1622

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA