Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Persepsi Mahasiswa DIV Bidan Pendidik Semester IV tentang Pelaksanaan Seven Jumps dalam Pembelajaran Tutortial di STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta 2012


Marcely, Rizka and Rokhanawati, Dewi (2012) Persepsi Mahasiswa DIV Bidan Pendidik Semester IV tentang Pelaksanaan Seven Jumps dalam Pembelajaran Tutortial di STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta 2012. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI_RIZKA MARCELY.pdf

Download (525kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Problem-Based Learning menekankan active student center learning di mana mahasiswa ditantang untuk menguji, mencari, menyelidiki, merefleksikan, memahami makna, dan memahami ilmu dalam konteks yang relevan dengan profesi di masa yang akan datang. Seven Jumps adalah metode yang digunakan oleh mahasiswa dalam pelaksanaan tutorial yang bertujuan untuk memecahkan suatu permasalahan (Problem solving), terdiri dari tujuh tahap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran secara mendalam Persepsi Mahasiswa DIV Bidan Pendidik Semester IV tentang pelaksanaan Seven Jumps dalam pembelajaran Tutorial di Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta 2012. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi fenomenologi. Metode pengumpulan data secara wawancara mendalam (indepth interview). Teknik sampling yang digunakan adalah non probability purposive sampling. Responden penelitian ini adalah 12 mahasiswa DIV bidan pendidik semester IV reguler di Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta. Dari penelitian dapat diperoleh beberapa tema 7 tema yaitu pertama membaca dan memahami scenario, kedua menemukan kata sulit dan menemukan masalah, ketiga membuat pertanyaan, keempat menjawab pertanyaan (brainstorming), kelima menentukan tujuan pembelajaran, keenam belajar mandiri (Self study), ketujuh pemaparan hasil. Fasilitator diharapkan untuk menyamakan persepsi dalam tahap seven jumps dan mengerti dengan alur diskusi yang dilakukan mahasiwa sehingga urutan seven jumps tetap terjaga. Sedangkan mahasiswa diharapkan untuk lebih kooperatif dan lebih memahami dalam mengaplikasikan seven jumps dengan benar sehingga seven jumps berjalan dengan baik dan hasil pembelajaran tutorial lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1: Dewi Rokhanawati
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 17 Nov 2015 08:51
Last Modified: 29 Dec 2017 01:51
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1529

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA