Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasisiwa di Lahan Praktek Klinik Kebidanan pada Mahasiswa DIII Kebidanan Semester VI STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2012


Khaerunisa, Rina and Nurhidayati, Evi (2012) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasisiwa di Lahan Praktek Klinik Kebidanan pada Mahasiswa DIII Kebidanan Semester VI STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2012. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Naskah Publikasi_RINA KAERUNISA.pdf

Download (429kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Mahasiswa yang mempunyai pengetahuan cukup tinggi bisa gagal karena kurangnya motivasi untuk belajar. Kegagalan bukan hanya dari pihak mahasiswa, tetapi juga karena faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar seperti faktor jasmaniah, psikologis, kelelahan, orang tua, tempat, masyarakat dan institusi pendidikan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa di lahan praktek klinik kebidanan. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptif analytic corelation dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuisioner faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dan kuisioner tentang motivasi belajar. Subjek penelitian sejumlah 152 responden. Teknik analisis untuk menguji hipotesis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian: persentase tertinggi adalah faktor keluarga dengan kategori mendukung dan terendah adalah faktor keluarga dengan kategoti tidak mendukung. Secara simultan faktor jasmaniah, psikologis, kelelahan, orang tua, tempat, masyarakat dan institusi pendidikan merupakan faktor yang signifikan mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa di lahan praktek klinik kebidanan. Faktor yang paling berpengaruhnya adalah faktor keluarga yaitu sebesar 5,133. Berdasarkan hal tersebut disarankan mahasiswa untuk tetap menjaga hubungan baik dengan keluarga dengan cara menjaga komunikasi. Bagi pembimbing lahan dan institusi pendidikan disarankan agar lebih dekat dengan mahasiswa dan dapat membimbing dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1: Evi Nurhidayati
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 17 Nov 2015 08:34
Last Modified: 28 Dec 2017 01:44
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA