Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Temon 1 Kulon Progo Yogyakarta


Rachmania, Nurul and Prabowo, Tri (2015) Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Temon 1 Kulon Progo Yogyakarta. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
Nurul Rachmania-naskah publikasi-Perawat-2015- (2).pdf

Download (241kB)
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Mutu pelayanan kesehatan erat hubungannya dengan kepuasan pelanggan oleh karena itu semakin baik mutu pelayanan semakin puas pula pelanggan begitu juga sebaliknya. Jika kebutuhan konsumen terpenuhi maka konsumen dalam hal ini pasien akan merasa puas dan kembali menggunakan pelayanan kesehatan yang disediakan. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Temon I Kulon Progo Yogyakarta. Metode Penelelitian: Desain penelitian ini adalah deskriptif asosiatif menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 102 pasien dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling yaitu 81 pasien. Analisis data menggunakan rumus Kendall Tau. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengatakan bahwa mutu pelayanan kesehatan dalam kategori baik yaitu sebanyak 73 orang (90,1%) dan kepuasan pasien juga dalam kategori puas yaitu sebanyak 70 orang (86,4%). Hasil uji statistik Kendall Tau yaitu nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,381 dengan taraf signifikasi 0,000<0 ( < 0,05) ada hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Temon 1 Kulon Progo Yogyakarta. Kesimpulan: Ada hubungan antara Mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Temon I Kulon Progo Yogyakarta dengan keeratan hubungan rendah. Saran: Bagi tenaga kesehatan di ruang rawat inap Puskesmas Temon 1 sebaiknya menjelaskan tentang penyakit serta obat yang diberikan pada pasien, agar pelayanan kesehatan sesuai dengan harapan pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Tri Prabowo Penguji 2 : Yuli Isnaeni
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 22 Oct 2015 01:31
Last Modified: 21 Nov 2017 02:09
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/143

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA